SELAMAT       DATANG       &       SELAMAT       MEMBACA

Saturday, March 02, 2013

Pergaulan Yang Baik VS Pergaulan Yang Buruk

Coba kita berpikir selama beberapa menit ini, orang seperti apa sih kita sekarang? Apakah kita sering marah-marah? Apakah kita baik hati? Apa kita polos? Atau terlalu dewasa?

Nah, sekarang coba kita ingat-ingat waktu kita masih SD dulu. Beda jauh ga? Waktu SMP? SMA? Kuliah? 

Apakah sifat kita statis aja, dari dulu sampai sekarang begitu-begitu aja, atau berubah-ubah?

Kalo gw sih jelas 180 derajat berubah-ubah. Waktu SD gw orangnya pendiam, kuper, ga punya temen, ga berani bergaul sama orang, pokoknya menyendiri deh. Pas SMP juga masih ga beda-beda jauh sih, tapi udah mulai berani buat ngobrol sama orang, cuma untuk bergaul, paling cuma punya beberapa temen aja. Pas SMA, berbanding terbalik sama SMP, temen udah banyak, sekelas kenal semua, ngobrol sana sini, nimbrung sana sini, pokoknya udah jadi anak gaul deh. Kuliah, udah mulai berani berjalan sendiri, maksudnya kalo dulu misalnya gw sendirian ga ada temen, takut, malu ga mau pergi. Tapi pas hari pertama kuliah, ga ada temen, gw udah mulai berani tuh cari-cari temen sendiri, sampe akhirnya punya temen. Tapi pas kuliah ini, malah jadi berubah lagi, gw malah meng-ekslusif-kan diri sama temen-temen. Sekelas, yang cuma 17-20an orang, baru semester 7 (dari semester 1-7 kita bareng-bareng terus), gw kenal + ngobrol sama semuanya, dan anehnya perasaannya beda, kalo waktu SD, gw berasa ga punya temen, suram, tapi waktu kuliah, bangga aja gitu ekslusif. Aneh.

Nih, point gw dalam tulisan ini adalah, sifat kita yang sekarang ini nih, dipengaruhi oleh dengan siapa kita bergaul dan dimana kita menghabiskan waktu sehari-hari. Emang sih, ada yang bilang "asal pinter-pinter jaga diri mah, tenang aja". Hey, percaya deh, sedikit banyak, sifat kita itu terpengaruh.

coba dipikir-pikir, pasti ada 1 atau lebih sifat yang dulunya "gw ga bisa nih kayak begini", eh sekarang malah gw lakuin terus tiap hari.

Ohy, pernah denger istilah "HIDUP ADALAH BELAJAR"? Nah, sadar ga sadar, semua sifat orang-orang disekitar kita, kita cerna di otak dan kita pelajari, dan someday pasti kita lakuin.

Jadi, hati-hati yah buat setiap kita, dimana kita menghabiskan waktu kita sehari-hari, sama siapa kita menghabiskan waktu sehari-hari, pasti akan mempengaruhi kita. Bukan berarti membeda-bedakan orang lain yah, tapi harus bisa batasi kuantitas bergaulnya sama yang ga bener dan banyakin bergaul sama yang bener. Ibaratnya, kalo tangan kiri kita kotor sedangkan tangan kanan kita bersih, trus kita usap-usap tangan kanan sama kiri kita. Yang terjadi apakah tangan kiri kita jadi bersih atau tangan kanan kita yang kotor? 

Yuk, hati-hati :D
Dark side Vs Light side

No comments:

Post a Comment