SELAMAT       DATANG       &       SELAMAT       MEMBACA

Saturday, March 02, 2013

Pandailah Menempatkan Diri

Melanjuti dari post gw sebelumnya, Pergaulan Yang ..... , perlu diketahui bahwa dalam bergaul, kita pasti mencari penerimaan dari orang lain, betul? Ga mungkin ada orang yang mau bergaul sama siapa gitu supaya dia dijauhin sama orang itu, ya kan? Untuk itu diperlukan sebuah keahlian atau kemampuan untuk menempatkan diri. 1 kalimat dari temen gw yang ga pernah gw lupain sampai sekarang "Belajarlah menempatkan diri"

Bukan berarti jadi orang munafik yah, maksudnya di depan si A, gw bisa jadi orang yang periang, tapi dibelakangnya gw ternyata suram, murung, dan teman-temannya. Maksud gw menempatkan diri adalah, gimana cara kita menghargai perasaan orang lain, gimana cara kita bercanda sama orang tersebut, dll.

Gw pernah denger ilustrasi dari Bapak Mario Teguh, "Kalau kita ngobrol sama teman kita, pasti cara ngobrol kita biasa saja, apa adanya. Tapi coba kalau kita duduk di depan bos besar, apa kita bisa begitu juga?". Sekali lagi, ini bukan berarti kita munafik atau pake topeng yah.

Memang ada sifat inti kita yang harus kita tunjukkan, tapi kita harus tau kepada siapa sifat kita itu kita tujukan. Ga mungkin kan kita bersin besar-besar di depan orang yang kita hormati? Atau ga mungkin juga kan kita duduk ongkang-ongkang kaki di depan Bapak Gubernur?

Kalo menurut gw ada 2 hal yang harus kita perhatikan dalam menempatkan diri, sebenernya sih banyak, tapi yang gw pahami cuma 2. Hehehe.

1. Pilih topik pembicaraan yang benar dan perlu.
Jangan sama penari u ajakin ngobrol tentang komputer, jangan juga sama programmer u ajakin ngobrol nari. Pelajari dulu lawan bicara u sukanya apa? Hobinya apa? Interest-nya sama apa? Jadi ga salah topik, atau untuk mempelajarinya yah u bisa mulai sambil basa-basi. Tanya aja sehari-hari ngapain, kerjaan gimana, keluarga gimana, dengan tingkat ke-formal-an berbeda-beda menurut lawan bicara kita. Hehehe. Ohy, yang paling penting, jangan sampai u terlalu mendominasi pembicaraan yah. Kasih orang lain waktu buat bicara, apalagi u sampai ceritain semua tentang u, yang bahkan u ga tau orang itu mau tau apa ga :P

2. Gesture Tubuh juga penting!
Amati cara u berjalan, cara u berkomunikasi, gerakan tangan gimana, posisi badan gimana. Tampilkan selalu yang terbaik, kostum juga perlu sih, sebagai penambah rasa percaya diri, karena saat kita percaya diri, maka kita akan mudah menguasai situasi. HAHAHA. Kalo hal ini, masih sangat perlu gw pelajari, kadang-kadang kalo ketemu orang baru, masih suka gelegepan (baca: gugup). *Curcol deh.

DAN MASIH BANYAKKKK LAGI yang harus kita pelajari. Ini sih pendapat gw aja, jadi pendapat setiap orang kan beda-beda yah, boleh pro boleh kontra :D terima kasih.

Gosip

No comments:

Post a Comment