SELAMAT       DATANG       &       SELAMAT       MEMBACA

Tuesday, March 05, 2013

Be Yourself

Kalau denger slogan di atas, apa yang ada dipikiran kita? Positif atau negatif? Pasti sebagian orang bilang positif kan? Karena artinya menjadi diri sendiri, tidak terpengaruh orang lain. Tapi belakangan ini, gw merasa terganggu dengan slogan ini.

Beberapa temen gw ada yang sering banget pake slogan ini, "ya gw emang begini", "ya, gw emang begitu", padahal sifat yang dia tahu itu, belom tentu bagus. Bahkan yang lebih ekstrimnya lagi, slogan "Be Yourself" itu bisa berarti egois, keras kepala, ga mau terima masukkan orang lain, yang siapa tahu, masukkan itu lebih positif dari sikapnya sekarang.

Jadi inget ada 3 macem manusia mengenai ketahu-dan-ketidaktahuan-nya tentang dirinya sendiri.

1. Orang ini ga tahu kalau dia salah, yah wajar aja dia jalan terus, karena ga ada orang yang ngasih tahu dia salah. Tapi, cepat atau lambat dia pasti sadar kalau dia salah.

2. Orang yang tahu kalau dia salah dan dia (at least) mau memperbaikinya. Emang sih ga mungkin dalam sehari dua hari dia bisa langsung bener, atau ga kayak masak air yang langsung panas gitu aja, butuh waktu buat dia berubah, tapi orang kayak gini harus diacungi jempol karena mau berubah.

3. Orang yang tahu kalau dia salah tapi ga mau memperbaikinya. Ini dia kebanyakan orang-orang yang pakai istilah "Be Yourself". Sebodo amat orang lain mau ngomong apa, yah, inilah gw, apa adanya. Bebal, batu.

Jadi, be yourself sih boleh-boleh aja, bagus malah, ga mudah dipengaruhi orang lain, jalan hidup gw, gw yang tentuin sendiri. Tapi ada batasnya juga, jangan sampai tutup telinga sama setiap masukkan orang lain, karena hidup itu kan bersosial, jadi kita harus bersosialisasi sama yang lain. Selain mencari kenyamanan dari orang lain, harus bisa juga memberikan kenyamanan buat orang lain :P
Source

No comments:

Post a Comment